DANAU SENTANI, 21 PULAU DALAM DANAU

Sumber: media.nationalgeographic.co.id
Ok traveler tampan dan cantik… siapkan kerel anda, karena beberapa menit ke depan penulis akan membawa anda kembali terbang ke pulau Cendrawasi… Raja Ampat??? Bukaannn!!! Pulau Komodo, itu mah di NTT Guy’s…
trus dimana???
Eemmm... Kebayang ngga klo Papua yang eksotik ini punya danau??? Bahkan danaunya ngga kalah keren lho dengan danau yang ada di wilayah nusantara lainnya… pulau-pulau kecilnya yang bertebaran di sekitar danau, riak airnya, bukit teletubies, pemukiman terapung di bibir danau, hingga Pernak-pernik yang khas yang dapat anda peroleh di tempat ini.
Sooo… tunggu apa lagiiii… siapkan KEREL...
Sumber: www.mldspot.com
Danau Sentani namanya, danau eksotik ini terletak di Kota Jayapura Kabupaten Jayapura-Papua. Sekitar 30 menit dari kota Jayapura. Transportasi ke sana bisa menggunakan Ojek, atau mobil carteran. Untuk ojek biayanya sekitar 30 ribu sampai dengan 50 ribu rupiah, ini hanya harga standar, biasanya harga akan berubah naik dengan drastis, jika kita menawar dengan tampang yang parlente… jadi nawarnya dengan muka memeles gitu… contohnya kayak gini
Si pelit : Halo pace… selamat pagiiii… (dengan gaya sok kenal) pace so minum sofi kahhhh…
Tukang Ojek : Belum anak… (nada heran)
Si Pelit : Ayo sudah… kita pi minum
Tukang Ojek : ehhh anakkk,,, tadi kan ceritanya mau ajar mereka nawar ojek…
Si Pelit : Oh iya pace… sory paceee…
Si Pelit : Halo pace… selamat pagiiii…
Tukang Ojek : Pagi anak… Mau kemana?
Si Pelit : Kita ada tugas sekolah ini pace mau ambil foto-foto di Danau Sentani, tapi kita pu uang Cuma 5 ribu saja, pace bisakah antar kita orang kesana ??? (pleaseeee)
Tukang Ojek : adduhhhh anaakkkk ko kasian sekaliiiieeee… ok sudah… sini sa kasi tau kamu, anak pergi beli petasan 3 ribu sisanya beli extrajoss… anak pergi bakar itu pu petasan di anjing ada tidur, trus nanti dia kejar anak sampeee di danau sentaniiiii, klo capek… aAAhh minum sudah itu extrajosss…

Sumber: wanadri.or.id
Untuk mobil carteran biayanya bervariatif dari 200 sampai dengan 350 ribu, klo pengen hargnya turun cara di atas bisa dicoba juga.

Danau Sentani merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Gunung Cyclops yang memiliki luas sekitar 245 ribu hektar. Jika kamu salah satu kolektor batu akik pasti tidak asing lagi dengan nama gunung ini. Gunung Cyclops terkenal dengan ke indahan batu akiknya. Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektar dengan ketinggian 75 mdpl dan memiliki 21 pulau kecil yang tersebar di sekitar danau. Nama Danau Sentani sendiri memiliki arti “di sini kami tinggal dengan damai” Nama ini pertama kali disebut oleh seorang Pendeta BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau pada tahun 1898.

Pariwisata
Sumber: www.wisatacenter.id
Untuk menarik wisatawan, pemerintah Jayapura membuat Festival Danau Sentani setiap tahunnya yaitu pada pertengahan bulan juni, (info lebih lanjut, kunjungi situs pemda Jayapura). Banyak aktraksi yang di pertunjukkan, mulai dari tarian tradisional, tarian perang, perahu khas papua, wisata kuliner dan jika beruntung kamu bisa menyaksikan penobatan Ondoafi, atau kepala suku di Pupua. Sekalian foto-foto dengan masyarakat Papua yang berpakaian adat.


Sumber: www.wisatacenter.id
Sarana dan prasarana di sini terbilang cukup memadai, untuk kamu yang ingin menikmati keindahan danau secara langsung, kamu bisa menggunakan jasa perahu yang bisa mengantarkanmu berkeliling menikmati keindahan danau. Selain itu kamu juga bisa berenang, menyelam, memancing dan bermain sky air Jika biayanya kemahalan,,, cara di atas bisa kamu coba lagi. 

Ragam Hayati Danau Sentani
Kamu pernah dengar Hiu Gergaji ngga??? Iihhh,,, bukan goyang gergaji,,, Hiu Gergaji… Hiu yang moncongnya mirip gergaji itu… pernah kan…!!!
Nah Hiu itu ada di sini Lho…
Sumber: www.google.co.id
Hiu Gergaji dengan nama latin Pristis microdon adalah salah satu hewan endemik yang hidup di danau ini. Namun sayangnya keberadaan ikan ini mulai berkurang. Hewan endemik lainnya yang hidup di danau ini adalah ikan gabus sentani, ikan pelangi sentani dan ikan pelangi merah. Secara keseluruhan di danau ini memiliki 30 spesies ikan air tawar dan beragam biota lainnya.

Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke danau ini, saran saya siapkan fisik dan kamera terbaik anda. Abadikan setiap sudut di tempat ini, dan ketika hari menjelang sore matahari terbenam akan menambah keindahan di danau ini.
Ok Guy’s tetap semangat dan jangan lupa kerelnusantara untuk selalu siap sedia
Sampai jumpa di Danau Love… masih di Papua…  

Label: , , ,